Rabu, 15 Mei 2013

BERITA (SOAL)


1. Aksi kekerasan dan tawuran kini semakin marak dan memprihatinkan berbagai pihak.Untuk mencegah tindak kekerasan ini, berbagai kalangan mendesak perlunya  peningkatan komunikasi  di kalangan   masyarakat dan juga penanaman nilai-nilai agama dan   keimanan    secara terus-menerus. Pengasuh pondok pesantren Al    Itishom, Marzuki Arman Abdul mengutarakan aksi kekerasan dan   tawuran dapat dihindari jika pendidikan agama dan nilai keimanan ditanamkan sejak dini pada anak-anak.
          Isi berita tersebut adalah....
a. kekerasan semakin merajalela
b. komunikasi di kalangan masyarakat perlu ditingkatkan
c. penanaman nilai agama dan keimanan harus ditanamkan sejak dini
d. aksi kekerasan dan tawuran dapat dicegah jika pendidikan agama dan nilai keimanan ditanamkan sejak dini pada anak-anak.
2    . Teks 1
Setelah lumpur panas menggenangi sedikitnya 25 pabrik dan 1.810 rumah warga di Kecamatan Porong dan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, kini sekitar 70 persen warga kehilangan lapangan pekerjaan. Mereka rata-rata bekerja di sektor informal, termasuk industri rumah tangga yang kini terendam lumpur panas.
Teks 2
Akibat banjir lumpur Lapindo, 2.371 pekerja dan 27 perusahaan menganggur karena pabriknya tenggelam. Pemerintah meminta agar induk Lapindo, Grup Bakrie, bisa merekrut mereka.
Kesamaan informasi yang diberikan dalam berita di atas adalah…….
a.    Pabrik dan rumah warga digenangi lumpur.
b.    Lumpur panas mengakibatkan warga menganggur karena perusahaan digenangi lumpur.
c.    Permintaan agar Grup Bakrie merekrut para pekerja.
d.    Jumlah warga yang kehilangan pekerjaan.
3.    Perbedaan penyajian berita pada teks di atas adalah  informasi mengenai…….
a.    Banyak warga kehilangan pekerjaan.
b.     Warga menganggur karena lumpur.
c.     Jumlah pabrik yang tergenang lumpur dan jumlah pekerja yang menganggur.
d.     Warga yang kehilangan pekerjaan bekerja di sektor informal.

2.Teks 1
Badan Meteorologi dan Geofisika [BMG] menyampaikan prakraan cuaca tentang kemungkinan adanya badai di indonesia . Badai ini dapat mengganggu nelayan dan trasportasi udara. Karena itu ,BMG meminta para nelayan atau perusahaan penerbangan untuk berhati hati .
Teks 2
Menhub Hatta Rajasa menjelaskan perkembangan cuaca yang terjadi di tanah air yang disampaikan BMG ,yakni adanya badai yang disebut badai isobel .Badai ini hanya terjadi di Indonesia ,berpotensi mengganggu pelayaran serta trasportasi udara
Kesamaan informasi yang dibahas dalam kedua teks tersebut adalah .......
a.BMG dan Menhub Hatta Rajasa
b.kecelakaan di laut dan di udara
c.badai Isobel dan gangguan trasportasi
d.badai Isobel dan kecelakaan
3. Teks berita 1
Perjalanan kereta api lintas selatan terganggu menyusul anjloknya KA Ekonomi Bengawan jurusan Solo Tanah Abang .Dalam peristiwa itu 5 penumpang tewas,dan 210 luka –luka .Peristiwa itu terjadi Selasa [16/1] pukul 00.06 .
Teks berita 2
Selasa [16/1] dini hari terjadi kecelakaan kereta Api di Dusun Gunung lurah ,Desa Rancamaya ,Banyumas ,Jateng .Kereta Api Ekonomi Bengawan jurusan Solo Tanah Abang terguling di jembatan rel sungai Pager .Lima penumpang tewas dan lebih seratus seratus orang luka –luka dalam peristiwa itu .
Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah.........
Teks berita 1
 Teks berita 2
a.bagaimana,berapa,kapan
Kapan – apa – berapa
b.bagaimana,apa,kapan
Kapan – bagaimana berapa
c.apa,mengapa,kapan
Apa – kapan – berapa
d.apa,siapa,kapan
Apa - dimana – berapa

24.      Cermati bacaan di bawah ini!
Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi sangat terkait erat dengan kemajuan perangkat lunak maupun sistem operasi yang mampu mengubah kehidupan kita sehari-hari. Kemajuan ini ditandai oleh berbagai inovasi yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, dan berkembang sesuai dengan persoalan kehidupan yang dihadapi sehari-hari, baik untuk kepentingan  pribadi  maupun terkait dengan pekerjaan  di kantor.
Di tengah kemajuan teknologi komunikasi informasi sekarang, banyak upaya dilakukan untuk menghadirkan berbagai fitur guna memudahkan penanganan kemajuan teknologi informasi yang turnbuh eksponensial, jejaringnya, maupun persoalan keamanan yang menyertainya.
Akibat ledakan informasi dan bergesernya perilaku kita sehari-hari dalam memanfaatkan kemajuan teknologi, mulai dirasakan perlunya untuk membangun dan menata berbagai fitur futuristik bagaimana manusia berkomunikasi dengan perangkat keras  teknologi.
Rangkuman bacaan di atas adalah . . . .
A.    Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi ditandai dengan berbagai inovasi. Untuk itu, dihadirkan berbagai fitur, jejaring, dan keamanan. Semua itu diperlukan agar manusia mudah berkomunikasi dengan perangkat keras teknologi.
B.     Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi terkait dengan perangkat lunak. Untuk itu, dilakukan berbagai upaya untuk menghadirkan perangkat lunak. Tujuannya, agar tidak terjadi pergeseran perilaku sehari-hari.
C.     Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi mengubah kehidupan kita sehari-hari. Untuk itu, dihadirkan berbagai upaya agar kita kembali seperti semula. Dengan demikian, pergeseran perilaku kita sehari-hari tidak terjadi.
D.    Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi benar-benar mempermudah kehidupan manusia sehari-hari.

1.            Bacalah  berita berikut dengan cermat!
Salah satu agenda reformasi tahun 1998 yakni memberantas praktik Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN). Namun lebih dari sepuluh tahun berlalu nyaris tidak ada perubahan budaya masyarakat yang gemar KKN. Pengungkapan kasus-kasus korupsi yang dilakukan KPK, menunjukkan bahwa praktik korupsi tetap berlangsung dengan modus operandi yang semakin canggih dan massal. Praktik korupsi tidak hanya terjadi pada kalangan pejabat saja, bahkan merembet pada orang yang tidak memiliki jabatan. Ironisnya, mereka tidak tahu jika yang dilakukannya itu termasuk praktik korupsi.

Isi berita tersebut …
a.       Pemerintah telah berhasil memberantas KKN di Indonesia sesuai dengan agenda reformasi.
b.    Praktik korupsi telah membudaya di kalangan para pejabat dan seluruh lapisan masyarakat.
c.    Praktik korupsi yang dilakukan oleh masyarakat pada umumnya sudah canggih dan secara massal.
d.   Praktik korupsi yang dilakukan oleh pejabat atau seseorang bukan pejabat kadang-kadang dilakukan secara tidak sengaja.

2.            Bacalah kutipan berita berikut dengan cermat!
Teks I
Teks II
Kepala Desa Jumoyo, Kabupaten Magelang, Sungkono mengatakan, 200-an rumah di Dusun Gempol (terdiri atas Pedukuhan Gempol dan Kadirogo) dan sebagian wilayah Dusun Seloiring terendam. Dari 200-an rumah, yang terendam total 18 rumah. Sekitar 700 warga mengungsi ke Balai Jumoyo dan STM Muhammadiyah 1 Salam.
Masa tanggap darurat di Magelang pun diperpanjang selama tiga hari hingga hari Minggu mendatang dari yang seharusnya hari Kamis ini. Hujan deras kemarin turun sekitar dua jam, mulai pukul 16.00 di Magelang dan sekitarnya. Para pengungsi masih tinggal di barak-barak hingga akhir waktu yang belum bisa dipastikan.

Kesamaan informasi yang dimuat dalam  kutipan berita tersebut adalah …
a.       kerugian akibat bencana
b.    jumlah korban bencana
c.    keadaan  para korban bencana
d.   penanganan para korban bencana

3.    Bacalah kutipan berita berikut dengan cermat!
Teks I
Teks II
Lima penumpang tewas dalam kecelakaan kereta api ekonomi Bengawan jurusan  Solo – Tanah Abang, Peristiwa itu terjadi pukul 01.10. akibat peristiwa itu perjalanan kereta api mengalami penundaan berjam-jam
Selasa dini hari terjadi kecelakaan kereta api di dusun Gunung Lurah Rancamaya, Banyumas. Kereta api ekonomi Bengawan jurusan Solo – Tanah Abang terguling di jembatan rel Sungai Pager. Lima penumpang tewas dan lebih dari 100 orang luka-luka.

Perbedaan pola penyajian berita tersebut yang tepat adalah …
Teks I
Teks II
A.
Kapan – mengapa -  bagaimana
Berapa – apa – kapan
B.
Apa – mengapa – bagaimana
Berapa – siapa – kapan
C.
Berapa – kapan – bagaimana
Kapan – apa – berapa
D.
Berapa – di mana - bagaimana
Kapan – di mana – berapa .

Di kawasan Parangkusuma, Bantul, ternyata pernah terdapat gunung berapi. Hal ini dibuktikan dengan adanya lava yang membatu di kawasan tersebut. Kebanyakan orang menyebutnya sebagai Watu Gilang. Jika berdiri di kawasan tersebut, sesungguhnya kita sedang berada di atas puncak gunung berapi. Watu Gilang sebagai lava yang membeku, diteliti oleh Tim Geologi UPN Yogyakarta.
4.



     
        Isi kutipan teks berita tersebut yang tepat adalah ....
a.    Penelitian terhadap Watu Gilang di kawasan Parangkusuma sebagai puncak gunung berapi.
b.    Watu Gilang, lava gunung berapi yang membatu, diteliti Tim Geologi.
c.    Masyarakat banyak yang berpendapat bahwa Watu Gilang merupakan gunung berapi.
d.    Lava yang membatu di kawasan Parangkusuma sering disebut dengan Watu Gilang.
9.        Menurut Drs  Praptono, sejauh ini penumpang  masih berlomba-lomba menaiki kereta yang  melintas lebih awal. “Sementara dalam  sistem Commuter Line ini berbeda dengan sistem lama,dimana kereta ekspres yang dulunya biasa  melintas dalam  jarak waktu yang lama sekarang  tergantikan Commuter Line yang melintas dengan  jeda waktu  tak  selama kereta ekspres,” katanya dengan santai.
Simpulan teks tersebut adalah….
a.       Pelayanan transportasi umum untuk masyarakat
b.      Kebijakan pemerintah tentang transportasi
c.       Commuter line transpotasi masyarakat
d.      Commuter line lebih efektif


Dengan mobil, penduduk semakin mudah berpindah. Bepergian yang dahulu berbahaya dan penuh risiko, kini menjadi hal yang biasa. Rumah yang jauh dari tempat kerja dan tempat hiburan tidak lagi menjadi persoalan. Namun, mobilitas perorangan ini juga mempunyai banyak kerugian. Masyarakat modern menjadi tidak akrab seperti dahulu lagi. Daerah pinggiran kota dipenuhi dengan persimpangan-persimpangan jalan dan jalan-jalan raya yang tidak jarang merusak keindahan alam. Pada jam-jam sibuk, jalan-jalan di kota dan pinggiran kota dipadati lalu lintas. Sumber minyak sebagai bahan bakar mobil sangat terbatas, sementara penawaran dan permintaan dipersulit oleh masalah politik. Apabila tidak dikendalikan, polusi dari knalpot mobil membahayakan pula.
23.








Rangkuman isi bacaan tersebut yang tepat adalah ....
a.      Mobil yang dulu dianggap barang aneh, kini menjadi alat kebutuhan masyarakat yang mengasyikkan.
b.      Mobil menimbulkan dampak kerugian dan keuntungan yang berubah dari waktu ke waktu.
c.      Mobil mempermudah penduduk bepergian, tetapi menimbulkan banyak kerugian, yaitu masyarakat menjadi tidak akrab, keindahan akan terganggu, bahan bakar berkurang, dan polusi.
d.      Mobil dapat memberikan kemudahan mobilitas bagi manusia, serta mempercepat perubahan desain dan penggunaan mobil.

27.                                                                                                        Bacalah teks berikut!
            Meskipun tanaman akar wangi memiliki bunga, tetapi pada umumnya cara perbanyakan dilakukan secara vegetatif, yakni menggunakan bonggol-bonggol akarnya. Bonggol tersebut didapatkan dari tanaman dalam rumpun yang tidak berbunga, lalu dipecah-pecah sehingga setiap pecahan bonggol memiliki mata tunas. Kemudian bonggol dapat langsung ditanam di kebun.
            Jika kita ragu-ragu atau bonggol itu diperkirakan belum siap melakukan adaptasi dengan lingkungan yang baru, sebaiknya bonggol akar wangi tersebut disesuaikan terlebih dahulu pada bedengan pesemaian. Setelah 3-4 minggu kemudian, tunas dan akar biasanya sudah tumbuh merata, dan itu berarti sudah siap dipindahkan ke kebun.
            Kebutuhan bonggol bibit untuk lahan 1 hektar sekitar 2 ton dengan jarak tanam antara 0,75 x 0,75 meter atau 1 x 1 meter tergantung tingkat kesuburan tanah. Untuk satu lubang tanam dibutuhkan 2-3 bonggol bibit.

Rangkuman teks bacaan di atas yang paling tepat adalah ….
a.       Tanaman akar wangi cara perbanyakannya dilakukan secara vegetatif. Bonggol akar wangi disesuaikan di bedengan pesemaian anatara 3-4 minggu. Setelah siap, baru dipindahkan ke kebun. Kebutuhan bonggol bibit untuk 1 hektar sekitar 2 ton dengan jarak tanam 0,75 X 0,75 meter atau 1 X 1 meter tergantung tingkat kesuburan tanah.
b.      Tanaman akar wangi memiliki bunga, tetapi pada umumnya cara perbanyakan dilakukan secara vegetatif, yakni menggunakan bonggol-bonggol akarnya. Bonggol tersebut didapatkan dari tanaman dalam rumpun yang tidak berbunga, lalu dipecah-pecah sehingga setiap pecahan bonggol memiliki mata tunas. Kemudian bonggol dapat langsung ditanam di kebun. Kebutuhan bonggol sebanyak 2 ton untuk jarak tanam 0,75 X 0,75 meter atau 1 X 1 meter.
c.       Meskipun tanaman akar wangi memiliki bunga, tetapi cara perbanyakan dilakukan secara vegetatif, yakni menggunakan bonggol-bonggol akarnya. Bonggol tersebut didapatkan dari tanaman dalam rumpun yang tidak berbunga, lalu dipecah-pecah sehingga setiap pecahan bonggol memiliki mata tunas. Kemudian bonggol dapat langsung ditanam di kebun. Tunas dan akar biasanya sudah tumbuh merata, dan itu berarti sudah siap dipindahkan ke kebun. Kebutuhan bonggol bibit untuk lahan 1 hektar sekitar 2 ton dengan jarak tanam antara 0,75 x 0,75 meter atau 1 x 1 meter tergantung tingkat kesuburan tanah. Untuk satu lubang tanam dibutuhkan 2-3 bonggol bibit.
d.      Akar wangi memiliki bunga, tetapi pada umumnya cara perbanyakannya dilakukan secara vegetatif, yakni menggunakan bonggol-bonggol akarnya. Bonggol tersebut didapatkan dari tanaman dalam rumpun yang tidak berbunga, lalu dipecah-pecah sehingga setiap pecahan bonggol memiliki mata tunas. Kemudian bonggol dapat langsung ditanam di kebun. Tunas dan akar biasanya sudah tumbuh merata, dan itu berarti sudah siap dipindahkan ke kebun. Kebutuhan bonggol bibit untuk lahan 1 hektar sekitar 2 ton dengan jarak tanam antara 0,75 x 0,75 meter atau 1 x 1 meter tergantung tingkat kesuburan tanah. Untuk satu lubang tanam dibutuhkan 2-3 bonggol bibit.

28.                                                                                                            Perhatikan teks berikut!
Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tono Suratman menilai kemelut di tubuh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tak perlu berujung dengan kongres luar biasa (KLB). KONI akan menjadi penengah pihak yang bertikai. "Ngapain harus buang-buang waktu. Saya sudah bertemu dengan beberapa teman dari pengusung kongres luar biasa," katanya usai bertemu dengan Ketua Umum PSSI Djohar Arifin di Kantor PSSI, Kamis, 5 Januari 2012.
Tono akan mencari cara untuk menyelesaikan konflik di tubuh PSSI. Ia telah mendapat masukan dari sejumlah pihak, termasuk dari kubu pengusung kongres luar biasa. "Masukan-masukan ini saya pelajari sehingga saya bisa dapatkan jalan keluarnya," katanya.
Rangkuman bacaan tersebut yang tepat adalah…
a.           Tono Suratman menilai kemelut di tubuh PSSI tak perlu berujung dengan kongres luar biasa. Untuk itu, KONI akan menjadi penengah pihak yang bertikai dengan mempelajari masukan dari sejumlah pihak, termasuk dari kubu pengusung kongres luar biasa.
b.          KONI akan menjadi penengah pihak yang bertikai agar kemelut di tubuh PSSI tak perlu berujung dengan kongres luar biasa, dengan cara mempelajari masukan dari sejumlah pihak, termasuk dari kubu pengusung kongres luar biasa.
c.           Dengan cara mempelajari masukan dari sejumlah pihak, termasuk dari kubu pengusung kongres luar biasa, Tono Suratman menilai kemelut di tubuh PSSI tak perlu berujung dengan kongres luar biasa.
Kemelut di tubuh PSSI tak perlu berujung dengan kongres luar biasa, karena Tono Suratman akan mencari cara untuk menyelesaikan konflik di tubuh PSSI
30.         (1)            di Aula Balaikota
(2) Senin (14/3)
(3) Pelantikan Kepala Dinas PU
(4) Wakil Gubernur DIY
(5) Pejabat lama memasuki purna tugas
(6) Berlangsung meriah

Teks berita yang tepat berdasarkan data-data di atas adalah ….
a.       Wakil Gubernur DIY melakukan pelantikan pejabat lama yang memasuki purna tugas di Aula Balaikota. Pelantikan Kepala Dinas PU itu berlangsung meriah karena dilaksanakan hari Senin (14/3).
b.      Di aula Balaikota, pejabat lama yang memasuki purna tugas mengikuti pelantikan Kepala Dinas PU di Aula Balaikota. Pelantikan itu dilaksanakan Senin (14/3) berlangsung meriah karena dihadiri oleh Wakil Gubernur DIY.
c.       Pelantikan Kepala Dinas PU dilakukan oleh Wakil Gubernur DIY pada Senin (14/3) di Aula Balaikota berlangsung meriah. Pelantikan itu karena pejabat lama memasuki purna tugas.
d.      Pejabat lama memasuki purna tugas pada Senin (14/3) yang berlangsungg meriah. Wakil Gubernur DIY menghadiri pelantikan Kepala Dinas PU di Aula Balaikota.
4.  Suku Boti di Kabupaten Timor Tengah Selatan merupakan satu-satunya suku yang mengasingkan diri dari lingkungan sekitar. Sama seperti Suku Badui, mereka juga terbagi atas Suku Boti Dalam yang masih memegang teguh adat istiadat mereka dan Suku Boti Luar yang lebih toleran terhadap modernitas. Uniknya, agar budaya mereka tidak terkikis, raja yang memimpin Suku Boti tidak diperbolehkan bersekolah atau mengenyam dunia pendidikan formal di sekolah.

Informasi yang merupakan isi berita tersebut adalah ...
A.    Tidak ada persamaan Suku Boti dengan Suku Badui.
B.    Suku Boti Dalam dan Suku Boti Luar  adat istiadatnya sama.
C.    Dalam mempertahankan budaya,  Raja Suku Boti dilarang sekolah.
D.    Suku Boti tetap mempertahankan budaya nenek moyangnya.

8.       Bacalah penggalan wacana berikut dengan seksama!
Polusi udara memang terjadi secara alamiah. Sebab fenomena alam seperti letusan gunung berapi, kebakaran hutan, debu, bangkai tumbuh-tumbuhan dan hewan yang membusuk, dan garam dari laut, semua dapat mencemari udara. Akan tetapi, semua itu masih dapat dikatakan dalam batas-batas yang dapat ditoleransi. Artinya proses laju pembersihan polusi dari udara dan laju pencemaran itu masih dalam keseimbangan alam.
Tema penggalan teks wacana tersebut adalah ........
     A.Terjadinya polusi udara.                    C.Jenis polusi udara.
     B.Ancaman polusi udara.                       D.Akibat polusi udara.
SOAL 1 :

Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks Berita 1
Menjelang akhir tahun dan menyambut tahun baru, Kapolres Bogor meminta pengguna kendaraan untuk tidak melalui jalur Puncak. Pengguna kendaraan diminta mencari jalan alternatif. Hal itu untuk menghindari kemacetan di jalur Puncak.

Teks Berita 2
Kapolres Bogor meminta pengguna kendaraan dari wilayah Jabodetabek yang menuju kota Bandung dan sekitarnya tidak melalui jalur Puncak. Para pengguna kendaraan diminta melalui tol Cipularang atau lewat jalur Sukabumi.

1. Kesamaan informasi kedua teks tersebut adalah ...
A. Pengguna kendaraan diminta tidak melewati jalur Puncak.
B. Rencana pemberlakuan satu jalur di Puncak menjelang tahun baru.
C. Pengalihan tujuan pengguna kendaraan yang menuju Bandung.
D. Padatnya pengguna kendaraan dan rencana pengalihan pada akhir tahun

KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Kesamaan informasi pada teks berita didasarkan pada isi berita yang berpedoman dari ADIKSIMBA (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana).

Teks 1: tidak melalui jalur puncak (apa, kalimat pertama); teks 2: tidak melalui jalur Puncak (apa, kalimat pertama)

SOAL 2:
Teks 1
Salah satu dari dua mesin pesawat Boeing 737-800 milik Cina Airlines (Taiwan) meledak dan membakar seluruh badan pesawat di Bandara Naha, Okinawa, Jepang, Senin (20/8). Ledakan terjadi beberapa saat setelah pesawat tiba dari Taiwan. Seluruh 165 penumpang dan awak pesawat selamat.
Teks 2
Akibat mengabaikan peringatan Badan Meteorologi dan Geofisika, dua kapal motor, KM Fajar Mas dan KM Mutiara Indah, Kamis dan Jumat (20/7) pekan ini, tenggelam di perairan Majene, Sulawesi Barat. Semua awak kapal selamat, namun kemarin dua nakhoda kapal motor berikut para awaknya masih dimintai keterangan oleh aparat Polres Majene. Mereka dinilai mengabaikan aspek-aspek keselamatan pelayaran.
. . . .
2. Persamaan berita di atas adalah . . . .
a. kecelakaan
b. pesawat meledak
c. kecelakaan transportasi
d. tenggelamnya kapal motor

Soal 3:
Teks 1
Pengamat penerbangan Chappy Hakim menilai kasus hilangnya pesawat Boeing 737 seri 400 milik maskapai Adam Air bisa disebabkan faktor teknis dan nonteknis. Faktor tersebut bisa karena kurangnya maintenance dari maskapai penerbangan tersebut sampai diabaikannya beberapa aturan dan regulasi mengenai penerbangan sipil karena tidak ada sanksi tegas regulator.

Teks 2
Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Herman Prayitno menyebut tiga faktor penyebab hilangnya Adam Air, yaitu lemahnya manajemen, tidak dimilikinya alat pendeteksi, serta kelalaian manusia. “Kesalahan di manajemen bisa menyebabkan kesalahan manusia, engine, dan cuaca. Karena itu, 70% dominan faktor manusianya, jadi tidak bisa 100% menyalahkan alat-alat yang dianggap kurang akurat,” ujarnya di Jakarta kemarin.

3. Kesamaan informasi yang dibahas dalam kedua teks tersebut adalah . . . .
a. penyebab hilangnya pesawat Adam Air
b. jumlah korban kecelakaan pesawat
c. tiga faktor penyebab kecelakaan pesawat
d. dua faktor penyebab kecelakaan Adam Air

SOAL 4:
Teks I
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara, baik roda dua maupun roda empat dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak menjelang tahun baru agar berada di tempat tujuan sebelum pukul 13.00. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

Teks II
Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

4. Kesamaan informasi kedua teks berita tersebut adalah ...
A. Imbauan Kasat Lalu Lintas agar wisatawan datang ke Puncak.
B. Imbauan Kasat Lalu Lintas tentang rencana penutupan jalur Puncak sore hari.
C. Imbauan Kasat Lalu Lintas kepada para pengendara roda dua dan roda empat.
D. Imbauan Kasat Lalu Lintas agar pengunjung Puncak tiba sebelum pukul 13.00.

Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
Informasi adalah keterangan, pemberitahuan, kabar, atau berita. Untuk mencari kesamaan isi beberapa berita, kita harus menentukan informasi pokok dari setiap teks berita tersebut.

Kata-kata yang dirujuk:
Teks I: Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau ... agar berada di tempat tujuan sebelum pukul 13.00.
Teks II: Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan ... mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB.
101    . Teks 1
Setelah lumpur panas menggenangi sedikitnya 25 pabrik dan 1.810 rumah warga di Kecamatan Porong dan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, kini sekitar 70 persen warga kehilangan lapangan pekerjaan. Mereka rata-rata bekerja di sektor informal, termasuk industri rumah tangga yang kini terendam lumpur panas.
Teks 2
Akibat banjir lumpur Lapindo, 2.371 pekerja dan 27 perusahaan menganggur karena pabriknya tenggelam. Pemerintah meminta agar induk Lapindo, Grup Bakrie, bisa merekrut mereka.
Kesamaan informasi yang diberikan dalam berita di atas adalah…….
a.    Pabrik dan rumah warga digenangi lumpur.
b.    Lumpur panas mengakibatkan warga menganggur karena perusahaan digenangi lumpur.
c.    Permintaan agar Grup Bakrie merekrut para pekerja.
d.    Jumlah warga yang kehilangan pekerjaan.
102.    Perbedaan penyajian berita pada teks di atas adalah informasi
mengenai…….
a.    Banyak warga kehilangan pekerjaan.
b.     Warga menganggur karena lumpur.
c.     Jumlah pabrik yang tergenang lumpur dan jumlah pekerja yang menganggur.
d.     Warga yang kehilangan pekerjaan bekerja di sektor informal.
6.   
Teks 1
Wajah cantik dan tubuh aduhai. Dua kelebihan itu bisa menjadi senjata bagi petenis Rusia, Maria Sharapova, untuk berkarir di dunia fashion. Namun, nampaknya Sharapova belum seratus persen tertarik ke dunia fashion untuk saat ini. Padahal, dari dunia glamor itu, dia mendapatkan pemasukan yang luar biasa. Namun, ia tetap bersikukuh menggeluti dunia tenis.
Teks 2
Selalu energik dan optimis. Itulah sekilas yang tampak dari sosok Noviantika Nasution. Ketika dipercaya menjadi orang nomor satu di induk perbasketan tanah air periode 2006-2010, Novi tak pesimis. Padahal, prestasi olahraga Indonesia, termasuk basket tahun ini lagi terpuruk.

Kesamaan informasi yang dibahas dalam kedua teks tersebut adalah ........

A.
dunia mode dan wanita
B.
wanita dan olahraga
C.
hobi dan dunia mode
D.
kecantikan wanita dan hobi
7.   

Perbedaan penyajian kedua teks tersebut adalah ........


3.   
Kesamaan informasi pada kedua teks berita tersebut adalah ........

A.
Pemerintah Thailand akan memulai sidang kasus korupsi Thaksin Shinawatra.
B.
Penyelidik Khusus Kepolisian memulangkan paksa mantan PM Thailand.
C.
Mantan PM Thailand diperintahkan segera pulang karena didakwa korupsi.
D.
PM Thailand diperintahkan segera pulang ke negaranya karena telah mendapat ampunan.
4.   
Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ........

A.
A
B.
B
C.
C
D.
D
5.   
Di kawasan Parangkusuma Bantul ternyata pernah terdapat gunung api. Hal ini dibuktikan dengan adanya lava yang membatu di kawasan tersebut. Kebanyakan orang menyebutnya sebagai Watu Gilang. Jika berdiri di kawasan tersebut sesungguhnya kita sedang berada di atas puncak gunung api. Watu Gilang, lava yang membeku, diteliti oleh Tim Geologi UPN Yogyakarta.

Isi kutipan teks berita tersebut yang tepat adalah ........

A.
Penelitian Watu Gilang di kawasan Parangkusuma sebagai puncak gunung berapi.
B.
Watu Gilang merupakan lava gunung berapi yang membatu diteliti Tim Geologi.
C.
Masyarakat banyak yang berpendapat bahwa Watu Gilang sebagai gunung berapi.
D.
Lava yang membatu di kawasan Parangkusuma yang sering disebut Watu Gilang.
6.   
Banyak prasarana umum di kota-kota besar yang tidak terurus. Contohnya halte bus. Halte bus seharusnya selalu bersih agar orang yang menunggu bus merasa nyaman. Namun, halte bus yang dekat dengan stasiun tidak demikian. Di halte itu, banyak sekali coretan yang menggunakan cat semprot. Seharusnya Pemda setempat memperhatikan hal-hal seperti itu karena jika dibiarkan akan lebih banyak lagi halte yang dicoret-coret.

Informasi yang bertentangan pada kutipan berita tersebut adalah ........

A.
Halte bus seharusnya bersih dan nyaman kenyataannya banyak coretan.
B.
Prasarana umum di kota-kota besar tidak terurus oleh Pemda.
C.
Coretan-coretan di halte bus akan semakin banyak.
D.
Seharusnya Pemda memperhatikan halte bus dekat stasiun.
34.   
Dengan mobil, penduduk semakin mudah berpindah. Bepergian yang dahulu berbahaya dan penuh risiko, kini menjadi hal yang biasa. Rumah yang jauh dari tempat kerja dan tempat hiburan tidak lagi menjadi persoalan. Namun, mobilitas perorangan ini juga mempunyai banyak kerugian. Masyarakat modern menjadi tidak akrab seperti dahulu lagi. Daerah pinggiran kota dipenuhi dengan persimpangan-persimpangan jalan dan jalan-jalan raya yang tidak jarang merusak keindahan alam. Pada jam-jam sibuk, jalan-jalan di kota, dan pinggiran kota dipadati lalu lintas. Sumber minyak sebagai bahan bakar mobil terbatas, sementara penawaran, dan permintaan dipersulit oleh masalah politik. Apabila tidak dikendalikan, polusi dari knalpot mobil membahayakan pula.

Rangkuman isi bacaan tersebut yang tepat adalah ........

A.
Mobil yang dulu dianggap barang aneh, kini menjadi alat kebutuhan masyarakat yang mengasyikkan.
B.
Mobil menimbulkan dampak kerugian dan keuntungan yang berubah dan waktu ke waktu.
C.
Mobil mempermudah penduduk bepergian tetapi menimbulkan banyak kerugian, yaitu masyarakat tidak akrab, keindahan akan terganggu, bahan bakar berkurang, dan polusi.
D.
Mobil dapat memberikan kemudahan mobilitas bagi manusia mempercepat perubahan desain dan penggunaan mobil.

Bacalah kedua kutipan teks berita berikut kemudian jawablah SOAL nomor 5 dan 6!

Teks Berita I    Teks Berita II
Jumat (4/12) sekitar pukul 21.00 sebanyak 20 orang tewas dan 2 orang kritis dalam kebakaran di tempat hiburan M.City di Jalan Gatot Subroto, Medan, Sumatera Utara. Proses penyelamatan korban dihentikan pada pukul 00.30 dan lokasi ditutup. Dua ambulans dan satu unit mobil pemadam kebakaran meninggalkan lokasi.    Kebakaran terjadi di M. City, sebuah tempat hiburan malam, hotel dan spa di Jalan Gatot Subroto, Medan, Sumatera Utara.  Musibah ini merenggut 17 nyawa. Hingga pukul 22.30 WIB, seluruh korban tewas sudah dievakuasi ke ruang instalasi jenazah RSU Dr.Pirngadi, Medan untuk diautopsi.

5.    Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....
A.    teks I diawali dengan siapa, teks II diawali di mana       
B.    teks I diawali dengan kapan, teks II diawali siapa
C.    teks I diawali dengan kapan, teks II diawali apa
D.    teks I diawali dengan siapa, teks II diawali apa

6.    Kesamaan informasi kedua teks tersebut adalah ...
A.        peristiwa kebakaran di M. City                                       C.    upaya penyelamatan korban kebakaran
B.        jumlah korban akibat terbakarnya M. City                D.    sarana penyelamatan korban kebakaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  • mingguan